akseswarganet.web.id – Monumen Nasional (Monas) menjelma menjadi destinasi favorit warga yang merayakan libur tahun baru 2025. Hingga pukul 19.00 WIB, Rabu, 1 Januari 2025, tercatat sebanyak 40.568 pengunjung memadati kawasan Monas.
“Total pengunjung kawasan Monas pada Rabu, 1 Januari 2025, sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB mencapai 40.568 orang,” kata Kepala UPT Disparekraf DKI Jakarta, Isa Sarnuri.
Isa merinci, pengunjung lokal terdiri dari 25.732 orang dewasa dan 14.701 orang anak-anak. Sementara itu, wisatawan mancanegara tercatat sebanyak 135 orang dengan jumlah terbanyak berasal dari Tiongkok (51 orang), disusul Amerika Serikat (11 orang), dan Korea Selatan (20 orang).
Sayangnya, lonjakan pengunjung ini tidak diimbangi dengan kesiapan pengelolaan yang memadai. Sistem pengelolaan antrean tiket, khususnya untuk masuk ke museum dan menara Monas, menuai banyak kritik. Petugas tampak kewalahan menghadapi kerumunan yang riuh.
“Apa masalahnya, Pak? Saya diminta masuk lewat pintu ini, tapi kemudian saya diarahkan ke tempat lain,” ungkap seorang pengunjung dengan nada kesal.
Selain itu, beberapa pengunjung menyuarakan kekhawatiran mereka mengenai sistem pembayaran tiket yang tidak jelas.
Selain itu, kondisi fasilitas di Monas juga menjadi perhatian. Banyak fasilitas yang terlihat rusak, termasuk mesin penjual otomatis yang berkarat, jalan setapak yang tidak rata, pot bunga yang retak, dan toilet yang tidak bersih.
Meli, seorang pengunjung asal Bogor, mengungkapkan kekecewaannya mengenai kondisi terowongan daun Monas saat ini. Ia mengatakan, “Saya pernah ke tempat ini sebelumnya, saat masih dihiasi bunga; sekarang, yang tersisa hanya daun-daun kering.”
Keberadaan sampah yang berserakan di seluruh area Monas semakin mengurangi daya tarik destinasi wisata ikonik di Jakarta ini.
Sahdini, seorang pengunjung asal Padang, menekankan perlunya manajemen untuk fokus pada peningkatan kondisi situs tersebut.
“Penting untuk terus ditingkatkan ke depannya agar pengunjung semakin nyaman,” ujarnya.
Kondisi ini menunjukkan bahwa pengelolaan Monas perlu segera dikaji dan ditingkatkan. Sarana dan prasarana yang memadai serta sistem pengelolaan yang efektif sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung, terutama saat hari besar seperti tahun baru.
Ancol Sambut 60.000 Wisatawan
Taman Impian Jaya Ancol menjadi destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk merayakan libur tahun baru 2025. Sejak pagi, ribuan wisatawan sudah memadati kawasan Ancol untuk menikmati berbagai atraksi dan hiburan yang tersedia. Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho, melaporkan hingga pukul 15.00 WIB, tercatat hampir 60.000 wisatawan menikmati waktu di Ancol.
“Pada hari pertama tahun 2025, jumlah pengunjung Ancol terbilang tinggi. Hingga pukul 15.00 WIB hari ini, jumlah pengunjung yang datang sudah sekitar 60.000 orang,” kata Eko di kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Rabu, 1 Januari 2025.
Angka ini jauh melampaui jumlah wisatawan yang tercatat pada libur Natal 25 Desember 2024 lalu yang hanya 38.000 orang.
“Jumlah pengunjung hari ini meningkat hampir dua kali lipat. Biasanya, pada 31 Desember dan 1 Januari terjadi puncak kunjungan saat Natal dan Tahun Baru,” imbuh Eko.
Ia memperkirakan jumlah pengunjung akan terus meningkat hingga malam hari, mengingat masih banyak warga yang terlihat masuk ke kawasan Ancol. Selain itu, Ancol juga menggelar berbagai acara menarik untuk merayakan malam pergantian tahun.
Malam ini, akan ada konser musik spesial di kawasan Pantai Lagoon Ancol. Eko mengatakan, Mendadak Koplo, Niel Jakarta, dan Souljah akan tampil mulai pukul 16.00 WIB.
Selain menyaksikan konser, pengunjung juga berkesempatan untuk menikmati berbagai wahana seru di Ancol, seperti Dunia Fantasi (Dufan), Sea World, Atlantis Water Adventures, dan Ocean Dream Samudra.
“Kami menyediakan berbagai wahana dan hiburan yang cocok untuk semua usia. Pengunjung dapat menyesuaikan pengalaman berlibur dengan keinginannya,” Eko menambahkan.
Ia mengimbau para pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ditetapkan, menjaga barang bawaan, dan turut menjaga kebersihan lingkungan.
“Tiket dapat dibeli langsung di loket. Selama berada di Ancol, harap ikuti arahan petugas di lokasi agar Anda tetap nyaman dan aman,” pungkasnya.
Meningkatnya jumlah pengunjung Ancol menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk berlibur di awal tahun. Beragam fasilitas dan acara yang disediakan Ancol berhasil menarik minat wisatawan dari berbagai daerah.